ADC

Andalas Diving Club

Andalas Diving Club (ADC) HIMABIO FMIPA UNAND

“Indonesia memiliki sumber daya laut yang tinggi tapi pemanfaatannya belum optimal. Untuk itu Andalas Diving Club (ADC) berperan aktif dalam penyelamatan sumber daya kelautan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang kelautan.” Pandangan optimistis tersebut terbersit dari mulut seorang Ketua ADC periode 2004-2005, Jufri Marzuki.SSi, saat diwawancarai tim Bioma HIMABIO FMIPA UNAND disela-sela kesibukannya dalam mempersiapkan acara yang bertajuk “Pelatihan Kebaharian dan Ketangkasan Dalam Penyelaman, Februari 2005 mendatang.”Acara ini bertujuan untuk menghasilkan insan akademis yang berwawasan kelautan serta demi terjaganya

kelestarian ekosistem laut

Untuk lebih lengkap & jelasnya, simak penuturan Ketua ADC (Andalas Diving Club) dalam menceritakan sekelumit alkisah ADC yang terangkum dalam rangkaian kata demi kata ini.

  

Andalas Diving Club merupakan divisi di bawah Kajian Ilmiah yang berhubungan dengan perairan terutama kelautan dalam naungan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) FMIPA UNAND, yang memiliki misi meningkatkan pemahaman mengenai kebaharian baik itu pemanfaatan sumber daya kelautan maupun pengelolaannya secara terpadu.
Awal berdirinya bernama Biology Diving Club, kemudian diganti dengan nama SCUBA. Pada tahun 1998 Heri Yusamandra terpilih menjadi Ketua SCUBA sekaligus pelatih/pembimbing. Masa-masa sulit ditahun 1999 ternyata tidak mampu dibendung lagi oleh rekan-rekan SCUBA sehingga sempat tenggelam beberapa tahun. Memasuki tahun 2002, SCUBA muncul lagi ke permukaan dengan tidak banyak membawa perubahan yang signifikan.

Untuk mempertajam fokus kegiatan di bidang penyelaman dunia bawah laut dan memperluas wilayah kerja SCUBA ke tingkat Universitas maka nama SCUBA diganti dengan ADC (Andalas Diving Club). Peristiwa fenomenal ini terjadi diantara tahun 2002-2003 dan sudah menjadi wacana ditataran intern organisasi semenjak tahun 2001. Kepengurusan ADC pernah diisi oleh Yudi Marisan; Biologi angkatan 1996, Franciscus Paan; Biologi angkatan 2000, dan saat ini dijabat oleh Jufri Marzuki; Biologi angkatan 2001. Sirkulasi kepengurusan terjadi satu kali setahun. Kepengurusan terdiri dari anggota biasa dan anggota luar biasa.

Untuk jangka panjangnya ADC akan mengadakan diskusi tentang penyelaman dan kelautan, pustaka mini kelautan, dan pelatihan SAR (Safety and Resque). Kegiatan rutin yang dilakukan oleh kader-kader ADC yaitu mengadakan latihan renang tiap minggunya yang bekerjasama dengan kolam renang Teratai. Kerjasama ekstern lainnya antara lain dengan SANARI (Yayasan Minang Bahari), Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, SAHATI (Yayasan Keanekaragaman Hayati), dan POSTERI/ Simpul Sumatera..Kegiatan tahunan yang diadakan ADC yakni LPT (Latihan Perairan Terbuka) di lapangan (pulau). Sekretariat ADC sekarang di lantai II Gedung Botani Biologi-FMIPA-UNAND.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s