Pemira KM Unand 2014,Who Will Be The Next Leader?

pemira unand 2014Sebagaimana yang tertulis di dalam Undang-Undang KM UNAND No. 1 Tahun 2012, PEMIRA KM UNAND adalah sarana pemberian hak suara warga negara KM Unand untuk memilih Calon Presiden dan Calon Dewan Legislatif yang terdaftar. Momen yang biasa disebut “pesta demokrasi” untuk seluruh Keluarga Mahasiswa Unand ini diselenggarakan setiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk menunjang terselenggaranya kegiatan ini maka dibentuklah sebuah badan yang independent yaitu Badan Pemilihan Umum (BPU) oleh Presiden Mahasiswa dan dibantu oleh Panitia Pemilihan Umum (PPU) yang dibentuk oleh BPU. Adapun jumlah BPU sebanyak 8 orang yang diketuai Wiky Rahmad Putra (Fakultas Peternakan 2011). Sedangkan untuk PPU sendiri berjumlah 162 orang yang terdiri atas Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara dan 5 bidang pendukung. Selain itu DPM KM Unand juga membentuk Bawaslu yaitu Badan Pengawas Pemilu yang memiliki tugas mengawasi pelaksanaan pemira serta kinerja dari BPU dan PPU sendiri serta menindaklanjuti dan menyelesaikan sengketa yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pemira.

Sesuai dengan TAP MPM KM UNAND pelaksanaan Pemira yang awalnya ditetapkan tanggal 25 februari 2014 diundur 2 hari menjadi tanggal 27 februari 2014 oleh BPU KM Unand yang memiliki wewenang dalam hal ini. Hal ini sesuai dengan UU KM Unand No. 1 Tahun 2012 tentang PEMIRA KM UNAND Bab II Pasal 6 yaitu BPU melaksanakan Pemira selambat-lambatnya 5 (lima) hari dari jadwal pemira yang ditetapkan dalam TAP MPM KM UNAND. Untuk tahun ini pemira dilaksanakan lebih cepat 2 bulan yang mana tahun kemarin diadakan bulan april sekarang menjadi bulan februari. Hal ini tentu sudah menjadi pertimbangan dari MPM dan BEM KM Unand. Disini kami sebagai BPU dan PPU hanya bertugas sebagai pihak penyelenggara dan mensukseskan pelaksanaan pemira. Sempat ada gugatan dari beberapa UKM-UKM yang menolak dimajukannya jadwal pemira karena dianggap tidak kondisional. Jadwal pendaftaran calon yang serba mepet dengan jadwal ujian akhir serta berbenturan dengan jadwal liburan akan menyulitkan calon untuk melakukan kampanye yang mungkin dirasa kurang efektif. Hal ini malahan membuat kami menjadi terpacu dan lebih semangat dalam pemboomingan pemira melalui media sosial baik itu akun facebook dan twitter. Seperti yang kita lihat di media sosial saat ini sudah banyak postingan gambar calon presiden dan calon dewan legislatif untuk memperkenalkan diri mereka kepada warga KM UNAND.

Untuk tahun ini calon presiden keluarga mahasiswa unand yang mendaftar dan lulus verifikasi ada 5 orang dengan nomor urut sebagai berikut :

  1. M. Habibi Adi Cipto (Fakultas Ekonomi, 2011)
  2. M. Syahid Ridho (Fakultas MIPA, 2010)
  3. Arifki (Fakultas ISIP, 2011)
  4. Dwiyandra Permana Putra (Fakultas ISIP, 2011)
  5. Muhammad Taufik (Fakultas Hukum, 2010)

Dan untuk calon dewan legislatif itu ada 6 orang, yaitu:

  1. Fina Riana Anwar (Fakultas ISIP, 2011)
  2. Rahmat Hidayatullah (Fakultas ISIP, 2011)
  3. Panca Rizki Putri (Fakultas Keperawata, 2011)
  4. Mutia Ardila (Fakultas Farmasi, 2010)
  5. Devila Indrayenti (Fakultas TP, 2010)
  6. Said Abdullah (Fakultas TP, 2010)

Jadwal kampanye dialogis akan dimulai pada awal kuliah nanti yaitu tanggal 10 februari 2014. Adapun untuk tata cara pemilihan pada tahun ini adalah sistem coblos bukan lagi contreng. Pertimbangannya adalah yang pertama untuk menghemat biaya dan yang kedua untuk meminimalisir surat suara yang tidak sah. Sedangkan untuk kampanye monologis sudah dimulai sejak tanggal 5 Januari 2014. Download Kuisioner PemiraKM Unand 2014

sumber : http://bidang3.unand.ac.id/index.php/13-pemira-km-unand-2014-who-will-be-the-next-leader

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s